Misspresepsi
MISS PERSEPSI PADA IKLAN MINUMAN YOYIC
Menurut saya salah satu iklan di Indonesia yang memiliki
kegagalan atau miss persepsi adalah iklan "YoyiC" yang menampilkan iklan
minuman kesehatan pencernaan. Iklan ini menunjukkan keluarga yang sedang makan
tanpa takut gangguan pencernaan saat bulan puasa karena mengonsumsi minuman
yoyic.
Miss persepsinya adalah bahwa iklan ini menggambarkan bahwa minuman
yoyic menganung 10 miliar lactobacillus hidup dari Denmark yang terdapat pada
minuman. Namun menurut saya, saya merasa bahwa pesan iklan ini kurang sesuai
untuk menampilkan lebih info karena kandungan dula dalam minuman cukup banyak.
Klaim Kesehatan yang
Berlebihan
Iklan minuman kesehatan memberikan klaim yang berlebihan
tentang manfaat kesehatan produknya tanpa dukungan ilmiah yang cukup, ini dapat
menciptakan miss persepsi. Misalnya, mengklaim bahwa minuman tersebut dapat
menyembuhkan penyakit serius tanpa bukti ilmiah yang kuat.
Mengabaikan Efek
Samping
Iklan minuman
kesehatan tidak menyebutkan atau mengabaikan efek samping atau potensi risiko
kesehatan yang terkait dengan produk yoyic, ini dapat membuat konsumen memiliki
persepsi yang salah tentang keamanan produk.
Kegagalan iklan ini adalah informasi yang kurang akurat
untuk membuktikan manfaat produk. Akhirnya, iklan ini dianggap sebagai salah
satu iklan yang kurang berhasil dan kontroversial di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar